Menggerakan Masyarakat Untuk Mencintai Lingkungan

Berbicara cinta lingkungan berarti berbicara masyarakat dengan budaya tinggi. Dan salah satu gerakan IKINadalah #SekolahTanpaRuang yang membentuk masyarakat Indonesia yang berbudaya, karena terwujudnya konsep STR *baca Sekolah tanpa ruang adalah dengan terbentuknya masyarakat Indonesia yang berbudaya.

Masyarakat Indonesia yang berbudaya akan terbentuk jika sejak dini kita menanamkan kepribadian & kebiasaan yang baik kepada keluarga dan masyarakat sekitar.

Kebiasaan dan kepribadian yang baik adalah bentuk pelajaran mandiri bagi masyarakat tanpa harus selalu diajarkan di sekolah. Semua bisa dimulai dari lingkungan keluarga dan masyarakat. Peran serta orang tua dan kontrol masyarakat sangat berperan di fase ini.

Dan pelajaran mandiri yang bisa kita tanamkan sejak dini adalah dengan “menjaga lingkungan”. Terdengar sederhana namun mempunyai efek yang besar. Oleh sebab itu, menjaga lingkungan termasuk dalam salah satu pelajaran penting #SekolahTanpaRuang yang sedang digagas oleh IKIN.

Salah satu langkah nyata dalam menjaga lingkungan adalah dengan pengolahan sampah, dan langkah awal yang kami ambil adalah pengolahan sampah organik, karena selain bisa langsung dipraktekan oleh masyarakat secara mudah, hasil pengolahan sampah organik juga bisa bermanfaat.

IKIN mendukung pengolahan sampah organik sebagai bentuk kampanye mewujudukan #SekolahTanpaRuang  bagi masyarakat Indonesia yang lebih baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *